Langsung ke konten utama

Wonderful Indonesia- Seribu Pinus Nan Eksotis di Gunung Pancar Sentul Bogor


Foto: Dokpri

Hai teman-teman! Apakah kalian tahu kalau Indonesia mempunyai Mempunyai 17.504 pulau dan 16.056 diantaranya telah dibakukan namanya di PBB. 

Bisa kalian bayangkan begitu banyaknya pulau yang ada, sudah pasti banyak tempat-tempat eksotis dan menarik yang bisa kalian kunjungi. Banyaknya pulau yang tersebar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia, membuat negeri ini kaya akan keragaman budaya dan tempat wisata menarik yang nggak akan bosan kalau kalian eksplore bersama keluarga, sahabat atau pacar 😃.

Kali ini, saya ingin berbagi cerita tentang hutan Pinus di Gunung Pancar Sentul Bogor. Tempat yang nggak jauh dari Ibukota Negara, Jakarta. Tempat untuk menghilangkan kepenatan sejenak dari rutinitas kesibukan. Hanya di WONDERFUL INDONESIA





Travelling Hemat  Harus Direncanakan

Jika diharuskan memilih kemana keluarga kami harus travelling, maka jawabnya adalah:

Pertama, sudah pasti yang ada hubungannya dengan alam. Entah pergi ke gunung, pedesaan atau laut.

Kedua, biaya untuk traveling  menjadi pertimbangan juga, apalagi kalau ada paket all in one yaitu murah, hemat dan dapatnya memuaskan, sudah pasti menjadi pilihan hehehe.

Ketiga, waktu tempuh ke tempat wisata. Jika kami tidak sedang libur panjang, maka alternatif travelling dilakukan yang tidak terlalu jauh dari tempat kami tinggal.

Ada satu tujuan wisata yang sudah lama keluarga kami ingin kunjungi yaitu Gunung Pancar yang terletak di Sentul, Bogor. Alhamdullilah...beberapa waktu lalu bisa terwujud 😄

Wisata ini letaknya nggak jauh dari kota Jakarta. Lebih tepatnya berada di Desa Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Jarak tempuh kalau dari Jakarta ke Gunung Pancar kurang lebih 45 km saja.
Jadi, Kami memasuki tol Jagorawi dan keluar di pintu Sentul, Kalau kalian ingin kemari  dengan bantuan google maps akan lebih mudah.

Memasuki Hutan Pinus Nan Eksotis


Foto: Dokpri

Tempat wisata ini, dikelola oleh Pemda Bogor, Perhutani, warga setempat dan pihak swasta.
Untuk memasuki wilayah ini tentunya kita akan dikenakan biaya masuk yang menurut kami cukup murah. Kendaraan diperbolehkan masuk, pihak Pengelola menyediakan kantong-kantong parkir tidak jauh dari gerbang tiket.

MasyaAllah...saat masuk saja sudah disuguguhkan pemandangan yang benar-benar menyegarkan mata Wonderful Indonesia. Sungguh luar biasa ciptaanMu ya Rabb. Deretan pohon pinus berdiri tegak di atas tanah dengan ketinggian 300-800 dibawah permukaan laut.Dimana topografinya landai sampai bergelombang terjal, dengan kemiringan 15-40%.

Pohon pinus yang menjulang tinggi, seakan menutupi sinar matahari yang ingin menerobos masuk. Udara yang sejuk membuat paru-paru kami seperti dicharge kembali dengan oksigen yang murni. Bau tanah basah terkena embun pagi, masih tercium tajam oleh kami. MasyaAllah ternyata masih ada tempat yang terbebas polusi yang letaknya nggak jauh dari Kota Jakarta, Wonderful Indonesia.


Apa Saja yang Perlu Disiapkan Saat Traveling Ke Gunung Pancar

Kondisi tanah yang tidak rata dan bergelombang, sebaiknya jika ke sana menggunakan sepatu kets agar tetap nyaman saat ingin memutari wilayah hutan pinus ini.

Seusai makan siang yang dibawa dari rumah hehehe

Membawa bekal makanan yang cukup, supaya tidak kelaparan hehehe. Memang ada beberapa pedagang makanan yang menjual makanan dan minuman ringan di sana, tetapi alangkah nikmatnya kalau kita bisa membawa dari rumah. Duduk di bawah pepohonan pinus nan rindang sambil menikmati makan siang. Duhh...sudah terasa banget pikniknya 😄

Membawa baju ganti juga diperlukan. Saat nanti lelah setelah berjalan-jalan dan berkeringat, tentunya kalian ingin tetap nyaman kan.

Berbagai Kegiatan yang Bisa Dilakukan Di Gunung Pancar


Foto: goindospot.com

Topografi yang bergelombang sangat cocok untuk hiking dan jogging, jalanan yang menanjak dan berbatu namun jalurnya tidak terlalu terjal juga, bisa sangat memuaskan  untuk para pecinta olahraga ini. Cukup siapkan fisik dan sepatu kets, kalian sudah bisa menjelajahi hutan lindung nan rupawan.

Bersepeda bisa menjadi alternatif pilihan, terutama bersepeda gunung. Jalanan yang tidak mulus menjadi tantangan tersendiri. Sambil menikmati berbagai panorama alam yang ada di wilayah hutan. Jangan lupa untuk tetap menggunakan helm safety agar kenyamanan dan keselamatan tetap terjaga.

Sisi Lain yang Menarik di Gunung Pancar


Foto: infotempatwisata.wagomu.id
Ternyata kalian nggak perlu jauh-jauh ke Ciater Bandung untuk sekedar menikmati mandi di kolam air panas. Disini bisa ditemui sumber air panas alami yang bersumber langsung dari pegunungan. Dimana sumber dialirkan langsung melalui pancuran ke dalam kolam.

Saat sudah lelah melakukan aktivitas, mandi air panas bisa menyegarkan badan yang pegal-pegal. Selain itu air panas ini juga mengandung belerang dan mineral yang sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh.

Foto: blog.wowbogor.com
Atau kalau kalian memang suka mencari tempat-tempat yang instagramable untuk berfoto ria, tempat ini sangat tepat sekali. Bahkan pihak pengelola menyediakan properti yang unik-unik yang bisa dipakai untuk backgroud dari foto kalian. Semua ini pastinya berbayar ya, tapi tenang saja nggak sampai menguras habis kantong kamu koq 😃

indonesiatripcanvas.co.id


Bagi yang sedang mencari spot foto untuk Prewedding, ternyata pihak pengelola juga menyediakan paket ini. Kalau ingin bertema alam yang dikelilingi oleh hutan pinus nan romantisme, Gunung Pancar bisa menjadi alternatif pilihan yang menarik. Seandainya dulu saat mau menikah, saya sudah mengenal hutan ini, pasti tempat ini menjadi pilihan pertama untuk foto Prewedding hehehehe.

Foto: ohgitu.co.id

Mau mencoba tidur di bawah langit sambil melihat bintang-bintang yang berkelip, kawasan hutan pinus ini bisa dijadikan tempat camping ground bersama teman, sahabat dan keluarga. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Padahal Ini hanya baru satu tempat wisata, tapi sudah mampu membuat berdecak kagum. Masih banyak lagi tempat di Indonesia yang bisa kalian kunjungi. Semua hanya ada di Wonderful Indonesia

Senja di Tugu nol Kilometer Sabang. Foto: bisniswisata.co.id
  
Kalau Kalian suka tempat bersejarah, Tugu nol kilometer di Sabang bagian barat Indonesia bisa jadi alternatif wisata. Kalian akan disuguhkan pemandangan senja nan elok di sana.

Atau

Raja Ampat. Foto: manadosafaris.com
 Raja Ampat di Papua Barat bagian timur Indonesia, tempat ini surganya para diving nih. Ssssttt... Pak Jokowi pernah berkunjung juga loh ke sini 😃.

Semua hanya ada di tanah air tercinta Wonderful Indonesia.


Wonderful Indonesia Blog Competition

Ssssttt Kalian sudah pada tahu belum kalau saat ini sedang ada Wonderful Indonesia Blog Competition?

Ayo ikutan sharing tempat-tempat yang pernah kalian kunjungi. Hadiahnya uang tunai jutaan rupiah dan Voucher Indomaret loh.

Ingin ikutan juga, yuuk klik gambar di bawah ini! 

https://goo.gi/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3

 Surga dunia ada di Wonderful Indonesia




 

Komentar

  1. Kolam air panasnya berasa onsen di Jepang ya. Haha

    BalasHapus
  2. Akuu. Aku lahir di Sorong. Pintu masuk sebelum ke raja ampat. Jika saya berada di sana dan mau liburan ke Raja Ampat, boleh berkabar. 😉😉

    BalasHapus
  3. Masyaallah, keren banget mba, apalagi kalo bisa kemah disitu pas cuaca malam cerah, tak terlupakan deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba, camping kalo cuacanya cerah pasti mengasyikan hehehehe

      Hapus
  4. Bogorrrrr kota favoritku juga nihhhh, baru minggu lalu kesana, dan baru dikittt banget eksplorasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo kalo kesana lagi janjian mba. Biar bisa ketemu dan eksplore bareng hehehe

      Hapus
  5. Waah kereen kapan ya bisa ke sana, ke bogor paling hanya ke puncak😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyoba ke gunung Pancar mba, nggak macet dan lbh dekat dibandingkan ke puncak hehehe

      Hapus
  6. hadeuh cantik banget sih tempatnya mbak......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo mba kemari. Kalau liat langsung jauh lebih cantik.

      Hapus
  7. Hutan Linus memang eksotis, hijau dan bikin adem. Sempet pengen juga prewed di sana tapi enggak kesampaian. Indonesia memang wonderful.

    BalasHapus
  8. Wah ada jacuzzi alami ya...
    Habis lelah mendaki dan downhill, bisa langsung berendam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Habis capek mendaki, mandi di kolam air panas badan fresh kembali 😊

      Hapus
  9. Bogor adalah favoritku setelah Batu dan Bandung
    Indonesia emang indahh

    BalasHapus
  10. Wah ga perlu jauh2 k bdg yaa, daerah Bogor jg udah ready paket lengkap kayak gini.

    BalasHapus
  11. Rasa sejuk , bikin betah kalau berkunjung kesana nih..wah apalagi ada ayunan warna warni...semakin bermalas malasan nih badan ..😊

    BalasHapus
  12. Sekarang wisata pohon pinus lagi hits, ya. Emang bagus banget tuh penampakan pinus yg tinggi plus udaranya yg pasti segar. Mau juga dong piknik di bawahnya ^^
    Mungkin blm yg di Bogor dulu tapi yg deket sini. Yg jelas hutan pinus memang salah satu wonderful Indonesia

    BalasHapus
  13. Masya Allah, keren dan romatis banget hutan pinusnya. Kapan-kapan kalau ke Bogor lagi, mudah-mudahan bisa singgah ke tempat ini.

    BalasHapus
  14. Masya Allah, keren dan romatis banget hutan pinusnya. Kapan-kapan kalau ke Bogor lagi, mudah-mudahan bisa singgah ke tempat ini.

    BalasHapus
  15. Wahh mirip banget sama hutan pinus di jogja. Ada ayunannya juga buat foto.
    Moga² suatu saat bisa ke bogor karena belum pernah ke kota ini hehehhee

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Bukti Menyindir Sebagai Bentuk Kelainan Mental

Inilah 5 bukti jika orang suka   menyindir ternyata berindikasi mempunyai kelainan mental. Apakah Anda sering melihat atau mendengar seseorang menyindir orang lain? Biasanya orang menyindir tidak menyebutkan nama yang menjadi sasaran sindiriannya. Semakin banyaknya pengguna media sosial, perkataan menyindir sering   kita lihat melalui tulisannya yang di posting. Tujuannya agar orang yang menjadi sasaran sindirannya membaca. Tetapi sering kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Orang yang menjadi sasarannya bahkan tidak membaca, namun bila orang lain yang membaca dan merasa tersindir maka akan berdampak buruk pada hubungan pertemanan kedua belah pihak. Menurut Myers, seorang ahli Psikologi Sosial mengatakan perkataan menyindir, menyebar fitnah dan mengadu domba termasuk dari   perilaku agresi verbal aktif yang tidak langsung. perilaku ini dilakukan dengan cara tidak berhadapan secara langsung dengan orang yang menjadi targetnya untuk menyakiti secara psikis. Ternyata Orang y

Waspadalah! Sifat Julid Muncul Akibat 5 Gangguan Kepribadian Ini

Anda jangan Julid! Pastinya kata-kata ini sudah sering sekali didengar oleh Anda, bukan? Seiring bertumbuhnya pengguna media sosial, nggak bisa dipungkiri banyak hal baru, baik dari segi konten maupun bahasa yang bisa menjadi viral , salah satunya kata ini. Kata julid biasa digunakan untuk seseorang, bahwa orang tersebut selalu iri hati terhadap orang lain. Mungkin jika dilihat secara umum, mempunyai sifat julid adalah hal biasa saja dan pasti ada di dalam diri setiap orang. Sifat julid jika dilihat dari sisi psikologi kepribadian ternyata cukup membahayakan, karena ini berhubungan dengan adanya gangguan kepribadian seseorang. Jika dibiarkan akan membentuk kelainan mental seseorang. Ada 5 gangguan kepribadian yang menyebabkan seseorang memiliki sifat julid, diantaranya: 1. Insecure Perasaan ini muncul saat seseorang sedang dalam posisi terancam dengan keberadaan seseorang. Dia akan bersikap julid atau iri hati, saat orang yang menjadi saingannya mempunyai penampil

Mengenal lebih dekat Nick Vujicik Sang Motivator Difabel

Hampir setiap manusia   menginginkan tampil sempurna, dapat terlihat cantik dan tampan, bahkan jika perlu dapat dilirik oleh banyak pasang mata. Kesempurnaan ini tentunya akan menambah rasa kepercayaan diri seseorang, sehingga akan memudahkannya bergaul dan diterima oleh lingkungan sekitarnya. Berbeda dengan Nick Vujicik, seorang pria kelahiran Brisbane, Australia pada 4 Desember 1982 yang terlahir tanpa tangan dan kaki. Batapa hancur orang tua Nick saat itu, melihat kondisi anaknya. Apalagi saat itu Australia adalah negara yang menerapkan peraturan yang diskriminatif, yaitu anak yang terlahir cacat fisik tidak boleh mengenyam pendidikan di sekilah umum. Akhirnya selang beberapa lama, pemerintah Australia menghapus larangan tersebut, membuat Nick mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan di sekolah umum. Meskipun seperti itu, tetap saja cemoohan orang pada dirinya sering terjadi, walaupun ada juga yang sebagian mempunyai rasa empati. Nick Vujicic, tidak berkecil h